Jumat, Agustus 01, 2008

Tinggal berapa senti lagi?

Kalo ngeliat judul nya, pasti deh temen" kebingungan.. "Tinggal berapa senti lagi?".. Yap.. Posting kali ini, gw mau ngebahas ttg usia manusia di dunia...

Gw kepikiran kalo hidup kita seperti tali sumbu kompor.. Ketika pertama kali dinyalakan, itulah yg disebut dengan kelahiran.. Dan apabila tali sumbu kompor telah habis terbakar seluruhnya, itulah yg namanya kematian.. Jadi, gw gak tahu, seberapa panjang tali sumbu yg Tuhan pilih bt gw.. Skrg sudah sampai mana.. Baru 1/4? Ato sudah 1/2 lebih...

Ada seorang prodiakon di grj gw.. Gw inget, dulu gw pernah disuruh dia bt tugas jaga komuni di aula.. Udh gt, 2-3 hari sesudahnya, gw dapet kabar dr org" gereja kalo bapak prodiakon tsb meninggal dunia.. Tanpa ada gejala apa" dan tidak mempunyai keluhan penyakit.. Padahal kemaren ngeliat masih sehat" aja.. Gw cuma kebayang aja.. Berarti minggu kemaren itu tugas terakhir nya sbg prodiakon...

Ada hal" yg perlu gw tarik dr kejadian td.. Pertama, kuasa Tuhan sungguh luar biasa.. Gak ada angin ato apa, Tuhan bs memanggil hamba-Nya tanpa kt duga.. Kedua, gw mau tugas Misdinar dgn sebaik"nya.. Pengen memberikan yg terbaik bt gereja yg siapa tahu kalo tugas gw itu adalah yg terakhir...

Selain kejadian td, ada jg hal yg membuat gw yakin utk menulis posting ini.. Hari ini, jumat pertama.. Romo Kris berkhotbah ttg seorang nenek yg memohon pd Tuhan agar dia tidak meninggal dunia karena penyakit berkepanjangan.. Nenek tsb berdoa, tidak apa" kalo saya hidup tidak ditemani oleh cucu ato anak, tp saya tidak mau merasakan sakit saat ajal saya.. Ternyata bener.. Td pagi nenek dipanggil oleh Tuhan.. Setelah ikut misa harian, lalu pulang sampai dia telah diambil oleh Tuhan.. Nenek sendiri benar, dia tidak memiliki penyakit menjelang kematiannya...

Terkadang.. Gw jg ketakutan mikirin hal ini.. Siapkah ngeliat orangtua ato saudara" gw dipanggil duluan.. Kapan lg bisa liburan ke Jawa Tengah ato Bali dgn anggota keluarga yg masih lengkap.. Pengen kalo gw kawin masih ada orangtua yg nemenin bahkan sampe gw punya anak.. Sedih dan amat sangat sedih.. Kl lg kepikiran, bs sangat mendalam.. Jadi tiba" mata gw merah dan berair.. Mungkin gw nolak kalo udh dewasa disuruh ngeliat album pas masih kecil.. Dan gw jg sempet sih kepikiran.. Kl gw yg duluan, kan gak usah takut lg mikirin kaya gini...

Gw jg pernah disuruh ngebayangin hal" begini di Pratista.. Satu gelombang nangis semua.. Termasuk gw yg ikut terbawa suasana.. Guru fisika gw jg pernah bilang.. Coba liat koran PR kalo ada berita org meninggal.. Trus, liat umur berapa org tsb meninggal.. Kl orangtua kamu meninggal umur segitu, kamu umur berapa dan udh bs ngapain aja...

Tentu bt semua org kematian adalah hal yg menakutkan.. Kt kehilangan keluarga, teman, ato saudara jika nanti udh tua.. Tp, kematian bukanlah akhir, melainkan sebuah awal.. Awal dari kehidupan baru dimana kt boleh hidup kekal bersama Dia yg memberi kt hidup di dunia.. Tetap liat ke depan.. Dunia masih harus kt nikmati!!!

Jadi, tali sumbu kompor gw, tinggal berapa senti lagi ya?

Tidak ada komentar: