Kamis, Oktober 14, 2010

Tak ada kemeja, rencana D pun GAK jadi..

USIP ato Ujian Sisipan, suatu pekan UTS (ujian tengah semester) di Universitas Sanata Dharma.. Mata kuliah yang diujikan bergantung tingkatan semester dan SKS yang diambil.. Ini adalah pengalaman gue, yang baru pertama kali, menghadapi USIP selama 4 hari..

USIP hari pertama : biologi oh biologi sel..

Dari SMA, nilai Bio selalu pas-pasan.. Enggak Cuma nilai sih, muka sama dompet juga ikut pas-pasan saat masa SMA.. hahahahahahahahahaha.. Bahan ujian yang gue pelajari cukup bisa dimengerti, tapi harus buka buku SMA lagi.. Pas soal udah di depan mata, dalam hati langsung bertanya : “ada remedial gak yah?”.. Siapa tau salah baca, gue bolak balik dan puter-puter kertas soal.. Gue sukses disangka orang ‘sakit’..

USIP hari kedua : “laporan USIL” untuk mengerjakan USIP..

Di hari kedua ini, mata kuliah yang diujikan adalah Kimia Dasar.. Bahannya mengulang pelajaran SMA seperti asam-basa, larutan buffer, senyawa kompleks, dan kimia inti.. Tapi diperkuliahan, soal yang diberikan membuat mahasiswa harus bekerja keras dan berpikir ekstra.. Sebagian ada yang pusing, sebagian ada yang sakit mata saat membacanya, ada juga yang kena panu (lho?)

Bagaimana menghadapi situasi ini ?? Kita contek laporan USIL !!

LAPORAN USIL MENGERJAKAN USIP

Tujuan
Memperoleh nilai bagus pada USIP kali ini dan mengurangi jumlah penderita panu di dunia..

Dasar Teori
Di lembar jawaban Ujian Sanata Dharma, kita diharuskan menuliskan identitas :
- Nama Lengkap
- NIM / Program Studi
- Mata kuliah yang diujikan
- Nama Dosen
Juga membubuhkan tanda tangan dan nomer urut di sebelahnya (Anonim, 2010).

Permasalahan
Hans Gani cuma bisa ngerjain 2 dari 6 nomer soal kimia dasar.. Pertanyaan soal dibuat oleh Bu Yetty sendiri..

Langkah kerja

  1. Ambilah waktu untuk belajar dan berdoa.. Tanamkan prinsip Ora Et Labora meskipun saat mengerjakan USIP, anda Ora Iso (bahasa Jawa : tidak bisa)..

  2. Perhatikan saat mendapat lembar jawaban, isilah semua identitas KECUALI nama dosen !!

  3. Yang perlu dicermati dan diperhatikan adalah saat menulis nama dosen, berikan sedikit pujian baik dibelakang namanya seperti : “Bu Yetty CANTIK” atau “Bu Yetty MANIS” (jangan Yetty Pesek, nanti disangka artis lagi).. Apabila soalnya keterlaluan sehingga tidak dapat dikerjakan senomer pun, anda perlu sedikit barbar dalam memujinya.. Contoh lain bisa ditulis seperti ini : Bu Nina SEORANG IBU SATU ANAK YANG SAYANG KELUARGA, SUAMI, DAN PINTAR MEMASAK..

Pembahasan dan Kesimpulan

  1. Tidak diperlu memuji hingga dibuat satu paragraf, rumpang yang disediakan tidak akan cukup..

  2. Tidak perlu sampai selebay nama-nama ‘nickname’ di facebook, seperti JAMAL SI PEJANTAN TANGGUH (hoek.. hoek..).. Atau UDIN DITERPA BADAI CINTA (minta digiles pake honda skupi)..

  3. Mahasiswa bebas dari penyakit panu, menuju Indonesia Sehat 2015..

Daftar Pustaka
Gani, H., 2010, Ilmu Meracik Nilai, Gudang Buku Gagal, Jogjakarta

***

Sayang sekali.. Ide 'cemerlang' ini baru muncul di hari-hari terkahir menjelang USIP berakhir (buat kakak tingkat yang besok USIP terakhir, silakan dicoba)..

USIP hari ketiga : farmasetika dasar adalah pelajaran yang menyenangkan, seenggaknya bagi saia..

Farmasetika adalah ilmu yang mempelajari tentang bentuk sediaan obat, bagaimana sistem perjalanannya di dalam tubuh sehingga menghasilkan efek farmakologis, aman, efektif, dan nyaman bagi pengguna obat..

Hari ini, ujian farmasetika dasar, cuma dikasih 5 soal dan dicantumkan ’bobot nilai’ di setiap pertanyaan.. Eeerr, benernya kemaren tuh gue gak beres belajarnya, jadi aja ada beberapa soal yang gak bisa dikerjain.. DAN YANG BIKIN HERAN, KEBETULAN SEKALI SOAL YANG GUE GAK BISA PUNYA BOBOT NILAI YANG PALING BESAR ??

USIP hari terakhir : peruntungan gue udah abis..

Kimia Organik disebut sebagai mata kuliah paling susah.. Kalo kata anak farmasi, mungkin lebih mudah mengerti perasaan seorang wanita ketimbang mengerti kimia organik sebuku.. wkwkwkwkwk..

Sehari sebelom ujian KO (kimia organik), gue masih sempet-sempetnya nonton dua pelem berformat avi di leptop.. “2012” pas pulang pagi dari kampus dan Jackie Chan - “The Spy Next Door” jam 11 malem.. Karena pas itu otak gue (yang katanya sedikit ngegeser) udah gak bisa lagi memasukan “metil, etil, ikatan kovalen, stereokimia, dll”..

Bangun pagi kaya biasa, setelah jebur-jeburan mandi air dingin, sarapan, gue berangkat menuju kampus pake motor.. Ujian KO dimulai jam 7.30, cukup lah setengah jam sebelumnya buat sampai di kampus dengan selamat..

Eh tauknya, ban bocor di tengah jalan..

Aje gile!! Pake acara bocor di Ring Road pula, dimana kalo pagi jarang-jarang ada tukang tambal ban yang udah buka.. Ban belakang lagi yang kena, terakhir kena pas di hari kuliah pertama.. Apeeess..

Saat itu dipastikan gue telat ikut ujian KO dan sedang berusaha mencari tukang tambal ban di jalan masuk dari Ring Road.. Itung-itung olahraga pagi, tapi ini terlalu kelewatan.. Sampai akhirnya ketemu, gue bisa bernafas panjang SEJENAK..

Gue nungguin sambil ngeliatin si bapak nambal ban motor gue.. "Kenapa asa lama banget, ato cuma perasaan ah," asumsi perasaan gue pagi tadi.. Gak lama, dateng deh pelanggan lain yang mau isi bensin, tambah angin, ganti oli.. Yang aneh, kan gue dateng duluan, kok selesai paling belakangan ya? Okelah, buat yang tambah angin sama isi bensin gak masalah, ini dia malah yang ganti oli bikin gue pengen maraah.. Gak terima, gue langsung duduk di depan ban belakang, gue pasang sendiri.. Eh, si bapak langsung bantuin sampe selesai.. Groaaarr !!! Pengen dicekek, tapi kasian ada anak sama istrinya disana ngeliatin.. *coba aja si bapak baca blog ini (lah nama gue aja dia gak tau)..

Sampe kampus gue langsung lari ngebut ke ruang 410 (kenapa harus di lantai paling atas coba?).. Gue gebrak pintu, ngeliat temen-temen sekelas yang bales ngeliat gue sedikit aneh dengan muka asem sedang ngerjain soal kimia organik.. Bagus, berarti gue udah telah 45 menit.. Dan bagus juga, hari ini gue dapet pengawas kakak kelas 2009, namanya Kak Metri.. Pandangan pertama dengan dia di Bulan Agustus, bikin gue bangga banget karena bisa sefakultas sama gitarisnya “The Virgin”.. Setelah gue liat baek-baek, oh bukan Mita, tapi Metri..

Dengan muka yang “kayanya udah disetel galak”, gue senyum dikit ke dia.. Ambil lembar soal dan lembar jawab, langsung lari ke bangku, kaya banci dikejar mobil satpol PP..

Khusus ujian KO ini, gue cuma punya dua rencana : RENCANA C (nyerah) atau RENCANA D (nebak pilihan ganda dengan ngitung kancing).. Awalnya, gue prefer ke RENCANA D sampe nyadar kalo hari ini gue pake kaos polo, bukan kemeja.. GIMANA NGITUNG KANCING NYE ???

Bedugul..

Sambil diiming-iming rasa kesal nambal ban, gue berusaha untuk konsen ngerjain soal di depan gue.. Oh iya, 12 jam sebelum USIP (berarti hari Rabu jam 19.30) gue baru ngerti cara ngitung muatan formal.. Dan subbab muatan formal itu sendiri ada di Bab 1 bagian awal, bahan yang diuji 5 bab.. Gue ketawa-ketawa sampe mentos loncat dari mulut gue..

Keberadaan Kak Metri di sebelah gue, membuat gue terganggu.. Yang gue harap : dia berjalan ke arah gue, dia liat lembar soal, kemudian bisik-bisik : satu C, dua A, tiga B, empat E, dst.. Dan semua harapan gue tidak terjadi hari ini, dia masih setel muka galak.. ckckckckck..

Jam 9.30 ujian KO dinyatakan beres, gue keluar kelas langsung ke warteg minum es the manis.. Trus ke workstation perpustakaan buat cerita apa yang gue alami minggu ini di blog..

Gue belajar bukan buat USIP, tapi buat kepinteran diri sendiri.. Coba deh, mertua mana sih yang gak pengen punya menantu laki-laki yang pinter buat anak perempuannya..

Oh iya, baca juga blog temen gue yang gak kalah kocaknya..

Selonjoran bentar - http://erick-ngalor-ngidul.blogspot.com/

Selamat membaca !! Jangan sampe ketularan begonya !!

4 komentar:

Ergun mengatakan...

thanks banget hans udah promo blog g......tapi kok ada embel embel ketularan bego....secara kita satu kasta hanS! akwkawkkaw...

btw g kasih tips dan trik dah yang paling bagus buat ujian, ga perlu itung kancing.....lu meremmmmmmm trus pas l melek.....hurup pertama yang kebaca di soal ujian....nah onoh jawabanne.....gelem ora?

ini udah dicoba di sekitar 100 mahasiswa, dan setengahnya lebih, ujian lagi semester depan.....good luck brother!!!!

keep posting hans! you sick!

Hans Gani mengatakan...

oh iya.. aye lupe kalo kite satu kaste..

bos, gue ngebayangin, apa jadinya negara ini kalo presiden dan wakil presidennya adalah erick dan hans..

wkwkwkwkwk..

stei kul !!

Ergun mengatakan...

yang pasti negara kita bakal lebih sehat,dprnya jg gak mungkin ketiduran pas rapat.....sule ketua mpr dan aziz wakilnya......tidak lupa bawa 2 koko l yang taraf begonya semakin menjadi jadi sebagai mentri kabinet ber-antakan......hayu ah hans....nyalonin diri yu....udah kebayang da negara kita pasti lebih sehat.....
kerjaan pas lagi rapat atau pidato, NGUPIL!

UOGHHH NGUPIL RULES!


btw ada ym kagak nyed?add di bulirembun@yahoo.com

Hans Gani mengatakan...

wah bisa-bisa ada insiden kita dilempar sepatu pas lagi pidato di alun-alun (gak elit banget sih).. wkwkwkwk..

okeh ntar gue add.. lagi males ngeklik icon YM di leptop oeh..