Senin, September 08, 2008

Demensia? Alzheimer?

Gw br aja baca blog seorang cewe.. Yg mungkin hari ini lg ada masalah ma cowo ny.. Dia udh dua kali nulis perasaan ny dlm blog.. Gw ga tau harus ngomong apa.. Da blom ada pengalaman.. Gw harap, ambil jalan damai.. Tp, saran gw.. Coba dengerin lagu Ada Band.. Yg 'Baiknya'.. Jgn denger yg 'Haruskah Ku Mati'.. Pokok ny jgn deh...

Yup.. Pertama", gw mau ngucapin "Horas!!" khusus bt manusia saja.. Minggu ini bener deh.. Cape pisan.. Ga di gereja lha.. Di sekolah lha.. Di kamar mandi lha.. (ngapain aja tuh??).. Tp, untung ny masih ada kesempatan bt posting nih.. Topik posting hari ini ttg penyakit pada otak.. Jgn bete, gw bakal bahas dgn gaya gw sendiri yg fun dan enjoy.. Bt seseorang yg lg sedih, moga" nih bs jadi aspirin, penahan rasa sakit sementara...

Gw ngerasa.. Muka gw mirip Bae Yong Jun.. (eh, lupa ngomong.. Tiap baca posting gw, sediain ember di sebelah komputer.. Takut terjadi hal" yg tdk diinginkan).. Lupakan yg td.. Kt lanjutin.. Gw ngerasa kl gw mengalami masalah pd otak.. Kaya ny daya pikir gw udh turun.. Istilah beken nya mah "lemot" ato "telmi".. Tiap pelajaran yg gw dpt di skul.. Kudu dicerna pelan" dl.. Syukur" bs ngerti.. Tp banyak ny sih engga.. Buktin ny, PU 1 gw dpt "merah geleh".. Inggris 55.. PKn 57.. Fisika 59 (najong pisan lha).. Yg blom dibagi tinggal sejarah doang...

Kmrn minggu, ada seminar di gereja ttg penyakit penurunan daya ingat ato DEMENSIA.. Gw ga ikutan.. Malu aja, masih muda kok ikutan seminar ky gt.. Padahal pengen pisan.. DEMENSIA adalah kondisi keruntuhan kemampuan intelek yang progresif setelah mencapai pertumbuhan & perkembangan tertinggi (umur 15 tahun) karena gangguan otak organik, diikuti keruntuhan perilaku dan kepribadian, dimanifestasikan dalam bentuk gangguan fungsi kognitif seperti memori, orientasi, rasa hati dan pembentukan pikiran konseptual (waduh itu bahasa nya.. Ga nahan..).. Itu kata Ikatan Dokter Indonesia (gubrak).. Gw jd takut denger ny.. Apakah gw udh tua??

Tp, bagi kalian para pembaca.. Jgn sekali" salah mengatakan penyakit ini.. Akan lebih berbahaya lg.. Jgn baca DEMEN SIA (ditulis terpisah.. Yg arti ny 'suka kamu').. Kan ga lucu kan kl misal ny ada kasus seperti ini.. (nama tidak disamarkan)
Hans : (menangis)
Danny : "Ada apa sih? Kok lu nangis?"
Hans : "Gw udh ga tahan lg Dan.."
Danny : "Lu harus tahan!! Lu cowo!! Emang ada masalah apa?"
Hans : "Gw ga sanggup cerita ny (sambil tersedak - sedak)"
Danny : "Ga apa".. Siapa tahu gw bs bantu.."
Hans : "Makasih.. Sebenernya.. Sebenernya.."
Danny : (udh ga sabaran)
Hans : "Gw.. Gw.."
Danny : (makin ga sabaran.. rasa ingin tahu yg besar)..
Hans : "DEMEN SIA!!!"
Danny : "Hah? (muka mangap persis kambing).. Bisa diulang?"
Hans : "DEMEN SIA!! Gw DEMEN SIA!!!"
Danny : "TIDAAAAKKKKKKK!!!!"
Lalu Danny mencari tali bt gantung diri di pohon tetangga...

Trus, ada jg penyakit yg nama ny Alzheimer.. Mudah" an gw ga salah nulis.. Kl kalian pernah nonton film 'A Moment To Remember', kisah ny, ada cewe kena penyakit itu.. Apalagi, dia udh punya cowo.. Si cewe lupa nama ny sendiri, lupa bagaimana cara ny baca jam, lupa no telepon rumah.. Gw kebayang.. Gimana kl lupa buka puasa.. Kan bodor.. Profesor" Amerika bilang kl pria yg blom punya pasangan hidup akan lebih berpotensi kena Alzheimer.. Waw.. Maka dr itu pembaca cowo.. Carilah pacar ato istri.. Kl yg udh punya istri, cari lg.. Makin banyak, makin rendah potensi mengidap Alzheimer (yg barusan adalah sumber tidak benar)...

Bakal bodor jg, kl misal ny gw kena Alzheimer.. Trus ketemu kasus kaya gini..
Bu Guru : (dgn tegas sambil nunjuk gw) "Kamu! Yg cakep itu!"
Hans : "Saya, Bu?"
Bu Guru : "Iya.. Kamu ga bikin PR! Siapa nama kamu?"
Hans : "Maaf Bu, sebenar ny saya mengidap.."
Bu Guru : "Alesan!! Siapa nama kamu?"
Hans : "Sungguh Bu!! Saya gak tahu"
Bu Guru : Saya tanya nama kamu !"
Hans : (stress)
Bu Guru : "Saya hitung sampai 3.. Satu!"
Hans : "Jgn paksa saya Bu"
Bu Guru : "Dua!"
Hans : "Tolong, Bu.. Jangan!!"
Bu Guru : "Dua setengah"
Hans : (berusaha inget" nama sendiri)
Bu Guru : "Tiga!"
Hans : "Roger Danuarta!!" (dgn lantang)
Satu kelas hening..
Si Ibu langsung nyobek buku ny bagian tengah.. Minta tanda tangan dan foto eksklusif gw..

Emang.. Yg nama nya penyakit ada yg nakutin.. Tp, yg penting.. Gmn cara kt menyikapi.. Gw yg punya pikiran kena Demensia berusaha membuktikan bahwa gw ga ngidap tuh penyakit.. Gw bikin agenda biar ga lupa.. Trus bikin schedule.. Harus bersyukur ama Tuhan.. Kt masih boleh hidup.. Walau punya banyak kelemahan..

Sampai di sini dl.. Masih sedih ga? Hahaha... Maaf ny bt pembaca kl ada humor yg menyinggung.. Kl mau tahu lebih banyak ttg Demensia ato penyakit laen.. Rajin" buka internet.. Sekian dan makasih...

Tidak ada komentar: