Rabu, Agustus 04, 2010

H+3 : INSADHA 2010..

Haloooo.. Posting perdana di Kota Jogjakarta !! *ough ough ough (spartan)..

Gue onlen di Toegoe.net, jalan Monjali deket patung Tugu.. Murah meriah, dua rebu sejam, cukup buat buka-buka fesbuk sambil nulis.. hahahahahahaha..

Gue berangkat Hari Minggu dengan kondisi perut yang kurang mendukung.. Hari itu gue "ninggalin oleh-oleh" (baca : buang air besar) sebanyak dua kali sepanjang perjalanan, tepatnya di Kota Banjar dan Kota Gombong.. huehuehehehe.. Sekarang udah jauh lebih baik..

Trus gue mau ngucapin makasih buat temen-temen di Bandung untuk Bulan Juli-nya.. Makasi buat anak-anak misdinar yang rame tapi gampang panikan, kalian udah rela jadi korban sekaligus para penumpang pertama mobil Kijang yang disetirin sama saia.. Masih ingat kejadian di Pandu ? wakakakakak.. Buat Octa-Ko Budi-Ci Ira-Ko Rio, makasi uda ajak saia maen ke Kampung Gajah untuk pertama kali (udik banget gue jadi orang Bandung).. Trus juga buat beberapa temen SD yang mau luangin waktu buat reunian, makasi yah Tendy udah jadi "motor" acara dan nyetir "motor" buat tebengin temennya.. Makasi juga temen-temen dari stasi, Duma-Santi-Nita buat waktu nonton barengnya di BIP.. hehehehehe.. Kalian semua bikin gue kangen Bandung !! Tanggung jawab !!

And special thanks for my bestfriend, Cintia.. Makin ke sini, makin mirip aja sama momo geisha yang kelindes honda skupi pelat D.. Skupinya masih kreditan lagi.. hahahahaha.. Thx berat buat kesempatan dan kesungguhan niat "bolos" sekolahnya.. Jadi bisa ikut maen ke Lembang, nonton film cin(T)a NON-BAJAKAN (bangga pisan), nge-angkot ke gereja, lari pagi bareng di tegalega (walau disana cuma lari 10 menit, trus duduk ngitungin jumlah tai lalat di muka masing-masing), makan bubur bareng, dan besok nya mencret bareng.. huhuhuhu.. tukang bubur nista..

Balik maning nang Jogja..

Disini gue menjalani masa orientasi layaknya mahasiswa baru.. Namanya INSADHA (Inisiasi Sanata Dharma), gak ada perploncoan, gak ada acara diteriak-teriakin (emang demo bu), ato hukuman fisik.. INSADHA ini merupakan tahap bagi maba (mahasiswa baru) untuk tau lebih banyak tentang Sanata Dharma, mengenal visi-misi-moto universitas, dan organisasi kemahasiswaan di sana.. INSADHA ini juga mengajak para maba-nya untuk menyikapi kerusakan lingkungan hidup pada jaman sekarang..

Sampe hari ini, gue uda punya temen yang cukup "friendly" buat diajak ngobrol dan cukup "sabar" untuk dicaci maki (dia blom tau, ngejek tuh bawaan gue dari orok.. moga-moga dia baca tulisan ini).. Namanya Yenny, anak farmasi dari Kepulauan Riau dan Charles, anak elektro dari Palembang.. Kita bertiga sama-sama berstatus maba, cuma ditambah embel-embel dikit seperti : maba gaul, maba kece, maba pas jam pelajaran (eh tunggu, itu mabal deng)..

Gue ngerasa keren, tapi agak bodoh pada saat diskusi kelas.. Satu kelompok, yang berjumlah 42 orang, berkumpul di satu kelas untuk bertukar pemikiran soal lingkungan hidup.. Dipimpin oleh dua orang dampok (pendamping kelompok) yang pendek kaya ipin upin versi remaja putri anak kuliahan.. Namanya Moncil dan Kak Velly..

Saat diskusi hari kedua, kita diminta untuk fokus pada masalah kerusakan lingkungan dan bagaimana solusinya.. Entah lagi error atau kekenyangan abis makan siang (jadi gak konsen gtu), terlintas ide brilian..

"Dari semua permasalahan yang mengarah pada kerusakan lingkungan, solusinya hanya satu.. KITA HARUS BERUSAHA UNTUK MENJADI BUPATI DI DAERAH KITA MASING-MASING, MENJADI SEORANG BUPATI LULUSAN SANATA DHARMA YANG TELAH MENGALAMI PROSES HUMANISASI DAN HOMINISASI (ampir salah baca jadi homonisasi) SELAMA PROSES STUDI"

Gue selesai ngomong, kelas bergemuruh oleh tepuk tangan.. Bukan gara-gara idenya brilian, tapi "ngelawak"-nya brilian.. Bagus pisan, maksud mulia dikira ngelucu !! Gue kentutin sekelas tauk rasa yaaa...

Oia.. INSADHA di hari kedua dan ketiga (berarti kemarin sama hari ini), gue nyaris terlambat loh.. wakakakakak.. Jauuuhh banget jarak dari hotel Poncowinatan ke kampus, untung gue rada ngebutin motornya.. Kalo disini pengemudi motor wajib nyalain lampu di siang hari, pake helm, trus pake celana (ya iyalah)..

Trus pas diskusi kelas hari ketiga (tadi siang), dampok upin ipin minta kita buat share : HAL-HAL KONKRET APA AJA YANG BISA KITA LAKUKAN SEBAGAI MAHASISWA UNTUK MENJAGA LINGKUNGAN KITA ?? Gue salut, jawaban temen-temen kelompok pada bagus-bagus.. Mulai dari mengurangi pemakaian tisue, mandi cuma 10 gayung (jijay gak sih denger nya ??), mengoptimalkan fungsi lidah daripada tusuk gigi saat makanan ada yang nyelip, irit menggunakan air, dsb.. Yenny sendiri ngejawab untuk menghemat pemakaian kertas.. Gue keprok-keprok deh..

Giliran gue untuk share.. Aneh, kelas langsung hening.. Feel gue berkata : KELAS INI SUDAH SIAP UNTUK DIGEMURUHI OLEH TAWA..

"EHEM !! Gini temen-temen.. Yang tadi kalian sebutin kan hal konkret yang bisa kalian sendiri lakukan terhadap kelestarian alam.. Kalo saia sendiri sih, hal konkretnya lebih pada mengajak.."

(di pojok ada orang NTT menunjukkan muka bangga buat gue.. ide gue kali ini gak bakal di ketawain lagi)

"Mengajak seperti kalo di Kota Bandung, ada yang namanya car free day, hari bebas kendaraan bermotor.. Saia mengajak keluarga dan kerabat buat ikut kegiatan tersebut, mengingat lahan hijau di kota semakin berkurang.."

(orang NTT semakin tersenyum lebar.. gue mulai sedikit culas)

"Selain itu saia juga mengajak untuk mengurangi penggunaan plastik.. Yang kita ketahui, bahan plastik sukar dan lama untuk diuraikan.."

(Tiba-tiba gue kepikiran dan ngomong langsung kaya gini)

"Tapi untuk mengurangi penggunaan plastik saia sendiri sangat bingung, soalnya papa saia buka toko plastik di Bandung.."

(Kelas pun bergemuruh.. Persis kaya hari kedua, baik suara maupun maksudnya : NGELAWAK)

"Tapi kalo gak dagang plastik, saia gak bisa masuk Sanata Dharma.. Trus gimana cita-cita jadi bupati Bandung ??"

(Ketawa tetap berlanjut.. Suara gue melemas, tapi masih sanggup ngasih pernyataan penutup)

"Kok diskusi kali ini bikin gue sedih yah ?"

(Tiba-tiba inget keong racun.. Nyambung juga enggak)..

Seengganya dari curhatan di atas, temen-temen di Bandung dan pembaca juga yakin kalo gue baek-baek disini, bahagia, dan bisa bersosialisasi di lingkungan yang baru.. Mama masih di Jogja, nemenin untuk beberapa hari kedepan.. Papa rencana jumat mau ke sini, nengok gue sambil jemput mama (baca : bawa pulang paksa mama).. Doakan saia selalu biar kuat dan cita-cita jadi bupati pun dapat tercapai.. Semangat !! *oughhh oughhh ouuuughhhhhhhhh (spartan kena asma kronis)

Salam hangat dari Jogja !!

8 komentar:

cynthia mengatakan...

hahahahaha
Kurang asem pisan kong..
awas aja ya pas wo k jogja,ato ni ke bandung..
ckckckck
Itu tkdu dsensor da produknya ga byar ma kita..
Inget pulang klo k wnet t,itu c tante ditinggal di hotel mpe tngah mlm..
ksian..
Smua org pasti ktawa dgr garingan ni,apa lg liat muka ni..
jadi maklum aja ya nak..
TABAHKAN HATIMU!!!
JANGAN CENTIL!!!!!!!

othe mengatakan...

Hans....
syukur deh lu baek2 d sanah hehe...
wow pengalamanmu mengesankan!wkakka..
semoga dapet homoan lu jga...
n satu lage!!lu gq cocok jadi spartan!!!oughhh oughhh oughhhhhhh....

cynthia mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
OcTa JoYFuL mengatakan...

hahhhh...
tetep aja memalukan nama baik "ANAK GAUL BANDUNG"....

gw curiga entar lu buka cabang di jogja, dagang plastik lagi... hayaahh

BinBin mengatakan...

hahahahahah...
gilaa haansss..
seperti biasaaa.. g slalu ngakakk baca postingan luu.. :D :D :D

haduuhh.. bingung mo ngasi komen apa..
gara2 dibilang kreatip sih.. (geer to the max) wuakakak

betewe..
tu dampok (g jadi inget rumah makan sunda, knpa yah? gara2 mirip "rorompok" gt? hahahah)
mirip pnyanyi keong racun kali ya hans?
mpe bikin lu inget toxic snail?
wkekeekke..

wahh..
sukur deh udh bisa hidup damai tentram aman sentosa d sana mah..
salam buat Pa Marto yah, yg telah mnyediakan "hotel" buat anda tinggal, HAN...hahahhaha
salam juga buat tante dan om yaa, smoga tabah2 ditinggal anak "pelawak" satu2nyaa..huehehehe

oiy, jgn mentang2 udh jago bersosialisasi hans, n udh punya tman2 baru, trus lupa ama TEMAN2 LAMA NAN BAIK HATI d bandung, misal: GUE, emen, martin..hahaha

-epilog-
akhir kata, saia ucapkan selamat menempuh hidup baru..
(d Jogja mksdny, sbg MaBa Sandhar)
smoga sukses n sehat selalu,
dan jadilah apoteker handal yg mengharumkan nama Kota KEmbang d Kota PElajar!!!
yahooo.... hahhaha XD

GBU always hans.. :D

PS: maen donk k jkt ya klo libur, ntar mari kita maiinnnn..hihihihi

davin mengatakan...

weww..ganteng hans ieu blog na..itu lo nglawak d kampus t beneran heeuh?wkwkwk..mmank lumayan juga hans abis jadi murid gw 2 taon lo mulai bisa fiendly jg kaya gw!hwhwhw..sorry hans bru baca..gw soalnya kalo baca sekaligus..haha..sipp2.dilanjut comment nya di blog berikutnya

Ray mengatakan...

NENDANG AKSINYA!
Wahaha...

lil'devil mengatakan...

saia mau protes.. koq acara kita maen basket bareng gak dikasih terimakasih juga han?? itu t gw ya sampe ngerela2in pinjem bajunya si qbao.. clna ny si qbao.. sepatu nya si qbao.. untung dalemannya gak gue pinjem.. wkwkkw

han... maap psan y wkt itu gak bs ikut maen ke hum u bareng ma si kk ma hansel... >o<