Rabu, Agustus 25, 2010

Refleksi Ulang Tahun ke-19 : gue punya odol sendiri..

Rasanya gue masih bermimpi..

Semua yang terjadi di tahun ini adalah kado terbaik selama perjalanan 19 tahun kehidupan gue.. Menang taruhan terbesar, yang jadi resolusi gue di awal tahun, yaitu bisa kuliah di Jogja, masuk jurusan Farmasi, dan belajar di universitas idaman, Sanata Dharma..


Tau gak ??


Tiap lebaran kan gue sama keluarga selalu maen ke Jogja.. Taun kemarin tuh, gue udah survei duluan ke kampus farmasi di Desa Paingan.. Gue optimis, surat PMDK yang gue kirim bisa lolos seleksi dan gue jadi calon mahasiswa di sono.. Gue masih inget, kita jalan-jalan muterin kampus, berdiri di depan papan pengumuman, ngelus-ngelus pintu lift (maksud nya apah ya ??).. Trus ngelewatin sebuah lorong disana yang dikasi nama "lorcin", yang kalo sekarang gue sama temen-temen suka keketawaan disana.. Dan ngeliat kolam di kampus, yang baru saja kemaren gue dibaptis (baca : diceburin) ke sana secara SOPAN (dilepasin dulu sepatu nya, diselamatkan dulu hape-dompet-konci, dicelupin dulu pantat nya, dilempar setelah hitungan ketiga, diketawain rame-rame)..


Kenyataan pahit, gue gak keterima jalur PMDK.. Sempet kecewa, soalnya harus ikut jalur reguler (jalur testing) tahun depan bulan Juni.. Bayangan gue, mungkin diantara temen-temen sekolah, gue yang bakal dapet sekolah paling terakhir.. Gak satupun cobain testing di Bandung, walau si papa uda nyuruh-nyuruh terus.. Gue membandel tetep mau di Jogja..


Gue jadi punya waktu panjang..


Mungkin Tuhan ngasih gue waktu dan ruang dulu buat fokus ke UN, ujian sekolah dan praktek.. Setelahnya, gue punya cukup waktu buat persiapan testing Sadhar bulan Juni.. Mulai berpikir untuk tidak mengambil testing UNPAR gelombang dua, tapi duitnya dipake buat les inggris sama Bu Tris.. Juga latihan soal-soal Tes Potensi Akademik, yang jadi bahan ujian nantinya.. Dan puji Tuhan, tanggal 9 Juni gue dinyatakan lolos seleksi jalur reguler


Ujian yang lainnya..


Gue harus berkorban bolak-balik Bandung Jogja hampir empat kali sebulan.. Ditemenin papa, mama, Kris, Leo, dan Mang Yaya.. Sampe terakhir ditinggal sendirian di Jogja, gue belom ngedenger kata "ngeluh" dari mulut mereka.. Gue harus berterimakasih dan bersyukur, banyak orang-orang yang sayang sama gue..


Puncaknya, pas malam inagurasi Insadha tanggal 14 Agustus 2010.. Gue resmi jadi mahasiswa Sanata Dharma angkatan 2010, memakai jas almamater warna coklat muda.. Temen sefaklutas gue cerita, pas malam itu dia nangis karena harus pisah dengan temen-temen kelompoknya yang berbeda program studi.. Buat gue pribadi, malem itu gue nangis haru karena perjalanan panjang selama ini gak sia-sia.. Terharu atas dukungan selama ini dari keluarga dan temen-temen serta kepercayaannya untuk hidup sendiri di Kota Jogjakarta..

Apa yang berbeda dari sekarang ??

Banyak hal yang mungkin gak bakal kejadian kalo gue di Bandung terus..
  1. Di Bandung, abis bangun pagi langsung ada makanan di meja.. Di Jogja, bangun tidur harus buka pintu dulu, baru cari makan diluar..
  2. Biasa gue kalo buang pup di kloset yang duduk.. Sekarang pake kloset jongkok, jadi sebelum melakukan ritual tersebut, gue harus streching dulu biar lutut dan pantat gak keram..
  3. Biasa gue mandi air hangat, tapi disini gue mandi pake air dingin.. Setiap banjuran ke badan, orang-orang di luar selalu mendengar ada backsound "haram jadah !!"
  4. Gue selalu berusaha menghabiskan tiap butir nasi yang ada di piring pas makan, takutnya sisa nasi pada nangis..
  5. Di Bandung, satu odol dipakai bareng-bareng keluarga.. Kalo disini, gue punya odol pribadi !!
  6. Pengeluaran hidup sendiri ternyata gede banget, tapi bagus buat belajar dan berpikir susahnya cari uang dan menghargai setiap rejeki yang kita punya..
SMS dari gue buat Riris..
Makasi yaa Riz buat ucapannya.. Baru pertama kali ngerasain ulang tahun jauuuhh dari rumah.. Asa gak ada kesannya..


SMS balesan dari Riris :
Ada dong kesannya, kan ultah elu kali ini u dikasi kesempatan ama Tuhan buat makin dewasa, belajar gmn rasanya jauh dr org" yang paling lu sayang, jd jangan ngomong gada kesan nya ya.. Jangan males ke gereja, jangan lupa makan, inget nyingsring hahahaha


Harusnya gue bersyukur udah dikasih satu tahun lagi, buat memperbaiki kesalahan di masa lalu dan melalukan hal-hal baik untuk tahun-tahun ke depan.. Juga membayar semua kasih sayang orangtua, guru, dan temen-temen yang bikin gue berani nulis kesaksian di blog ini, bisa belajar di Universitas Sanata Dharma, Jogjakarta..


Iki tenan.. Rasane aku masih mimpi..

5 komentar:

Ergun mengatakan...

dan nanti pada akhir bulan depan anda akan merasakan kata kata "mengencangkan ikat pinggang"

jgn ampe keabisan duit hans.....jadi gigolo di jogja berat banyak saingan

=)

othe mengatakan...

hansss postingan mhuw kali ini...
ngebuat g baru pertama kali semangat lhow... tadi pusink abies baca textbook 500hlman... begitu lihat blog ini serasa ngeliat lu baru keluar dari atas kloset lho dengan di terangi lampu petromakkk... PERTAMAXXXX!!!

thx bangettt hans hehe...
semoga gi jogja l tambah eksis yahh... baik blog maupun orgnya =))
gbu hans hehe...

Seekor mengatakan...

HANSSSSSSSSS.. lucu banget ih!!!!! kalau mau buang2an harus stretching biar gak keram hahahahhahaha.. mantabh Hans!!!

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Wuaahhh.. Seru kak... Jd tambah pengen masuk farmasi sadhar...bagi" cerita dong kak ttg tes regulernya... Susah gak.? Sesusah UN ato gk.? Apa yg harus di persiapin..? Pengen bgt masuk farmasi...